Srpkuncoro’s Blog

GIVE MORE & TAKE MORE

BACKUP, CLONING, RECOVER PARTISI HARDISK DENGAN GHOST

Sering terkena Virus?
Sering Kehilangan Data?
Sering harus Backup File Karena Re-Install Windows?
Punya komputer banyak repot install-nya?
Mau Install windows XP dan semua program hanya dalam 10 menit?

NAH UNTUK MASALAH SPT DIATAS Penulis punya Trik jitu yang bisa mewujudkannya, dengan Symantec GHOST.

Terlepas dari legal atau tidaknya hal ini(saya sendiri juga tidak tahu) saya pernah menginstall 40 unit computer di suatu kantor hanya dalam waktu 5 jam, itupun sudah berikut semua software pendukungnya spt Office.Acrobat, Winamp, dll yang totalnya mencapai 30-an program (banyakan Game).

Langsung Aja kita Praktek ah…biar ga kelamaan.

sebagai contoh:


Kita terpaksa harus sering2 install windows karena sering terkena virus, nah setiap kali instal setidaknya membutuhkan waktu -+ 1 jam (baru windows-nya aja) belum lagi Driver hardware dan software yang sering kita gunakan. Dengan menggunakan GHOST semua itu bisa kita lakukan hanya dalam waktu 10-20 menit(all in one).
langkah2nya:

  1. Anda harus mempunyai cd bootable untuk mengakses program GHOST selain program ghost-nya sendiri. anda bisa membuat sendiri CD tersebut Via Symantec Ghost(anda harus menginstall Symantec Ghost terlebih dahulu) dan ikuti langkah2nya, atau anda bisa mendownload CD Buatan saya..………… disini…………... Jika anda menggunakan CD buatan saya maka anda tidak perlu mempunyai program Symantec Ghost karena semua sudah ter-Bundle menjadi satu dalam CD. Download lalu extract file NRgost.RAR lalu burning dengan NERO kedalam CD. Sewaktu mem-Burning gunakan Opsi “BURN IMAGE TO DISK”. setelah selesai burning kini anda punya CD yang bisa mem-boot komputer via DOS untuk memanggil program GHOST(sementara simpan dulu CD-nya).
  2. (Jika anda yakin bahwa komputer anda sudah bersih dari segala macam Virus, abaikan point ini & langsung Ke point ketiga). Instal ulang WINDOWS anda secara manual, lalu instal semua program pendukung yang anda butuhkan(jangan lupa Back-up dulu semua data yang menurut anda penting). Gunakan multi partisi waktu menginstall windows, Pisahkan partisi system dan data (system harus di C untuk bisa RECOVER menggunakan GHOST).
  3. Setelah anda yakin System anda CLEAN dan semua Driver hardware & program pendukung sudah terinstall, tempatkan semua data anda di partisi D, lalu pindahkan pointing penyimpanan My documents ke partisi d (baca memindahkan default penyimpanan “My Documents”)
  4. Restart Komputer & Boot menggunakan CD yang tadi sudah dibuat
    pilih Start computer with cd room support
  5. Setelah keluar A:> panggil cd anda dengan mengetikkan huruf kandarnya diikuti dengan tanda “:” lalu enter (Contoh F:)
  6. setelah memasuki direktori cd (gunakan perintah Dir untuk memastikan, jika setelah di DIR telihat file Ghost.exe berarti anda ditempat yang benar, jika tidak ulangi langkah diatas dengan mengetikkan kandar yang lain (semisal E:)
    Ketik perintah GHOST.exe
  7. setelah layar berubah menjadi biru( tampilan Symantec Ghost) tekan OK dengan menggunakan ENTER
  8. dengan menggunakan tombol navigasi keyboard pilih LOCAL – PARTISI – TO IMAGE
  9. pilih source partisi yang akan direcover lalu enter
    ketikkan nama file ( contoh XPLengkap) lalu browsing target tempat penyimpanan file recover yang anda buat dengan menggunakan tombol TAB dan Navigasi [contoh 1:1 DISK1(maksudnya Partisi D)] tekan enter
  10. Setelah ada konfirmasi pembuatan image gunakan tombol navigasi untuk memindahkan dari default cancel ke create lalu tekan enter
    tunggu sampai Ghost selesai membuat Image
  11. setelah selesai keluarkan cd dari drive lalu tekan CTRL-ALT-DEL untuk restart
  12. untuk mengunakan file recover/ merecover partisi c langkah langkahnya sama seperti diatas hanya saja Opsinya LOCAL-PARTISI-FROM IMAGE. setelah direcover maka windows anda jadi baru lagi walaupun sebelumnya banyak yang corrupt karena virus atw yang lain-lain

semoga bermanfaat

About these ads

Maret 22, 2009 - Posted by | Komputer, Modem & Internet | , , ,

34 Komentar »

  1. Slam knal sblumnya,
    Mau tanya ni. Dlu sya pernah bt ghost. Tp ko g bs untk smua kmpter ya. Pdhal dkantor saya. Type kmptrnya beda2x. Mhon pncrahannya.
    Gmn cara membuat agar image ghost bs dgnkan untk smua hardware.

    Komentar oleh Yus | April 4, 2009 | Balas

    • memang secara default image ghost hasil buatan dari suatu pc ya hanya bisa digunakan di pc tersebut atau yang sama konfigurasi hardwarenya, bisa juga untuk konfigurasi hadware yang berbeda tapi dengan catatan chipset mainboardnya sama, misalnya walaupun merek & seri MB-nya lain asal chipsetnya sama2 intel bisa juga ( tapi setelah berhasil recover tetap harus menginstall driver2 dari PC yang baru, Ex : SC,VGA,LAN,dll). Hal tersebut dikarenakan kita sewaktu membuat image ghost itu bisa diumpamakan mengcopy isi dari satu disk/partisi, hanya saja ini dalam bentuk file image.
      Tetapi dalam prakteknya bisa saja kita membuat sebuah Image Ghost yang bisa jalan di semua konfigurasi( biasa disebut UNIVERSAL GHOST IMAGE). tapi untuk memuat image universal tsb prosesnya bisa dibilang cukup rumit dengan bantuan software N-lite. Nah biar lebih mudah coba googling aja dengan kata kunci “universal ghost” (sdh byak kok yang buat & diuload ke intnet), lalu download filenya kan lbh mudah.
      Kalo penulis sih lbh suka buat sendiri secara manual, chipset yang umum beredar disini kan cuma ada 3 jenis, intel, via, & sis. buat aja image ghost dari tiap2 chipset trus lengkapi dengan driver2 hardware yang umum dipakai & aplikasi2 yg lengkap. so kalau kita pas ketemu MB dngn chipset intel ya kita pake image intel, via dngn via, sis dngn sis, kan lbh mudah.

      Komentar oleh srpkuncoro | April 4, 2009 | Balas

  2. mas klo mw donlot software yg dah mas sedia in tuh mana?,,soalnya saya mw donlot.terima kasih mas.

    Komentar oleh yoga arista | April 16, 2009 | Balas

    • Tuh diatas yang ada tulisannya ……..disini………..(warna biru). tp inget lho itu image cd bootable, so biar bisa dipake musti diburning dl, caranya ikuti aja spt diatas.
      Thanks sdh mampir

      Komentar oleh srpkuncoro | April 16, 2009 | Balas

  3. Seperti Mas Kuncoro tulis sblmnya. Kalo mao nge-ghost chipset intel pk intel jg. Chipset intel kan byk mcmnya, sy prnh coba intel pk intel via pk via tp blue screen tuh. Sy sering lihat toko2 di Harco Mg 2 pake ghost Win XP untuk semua chipset. Kalo Mas Kuncoro tau cara buatnya atau Mas sdh py, tolong mas bagi ke kita2…..Terima Kasih

    Komentar oleh wawan | April 26, 2009 | Balas

  4. Asal intel ke sama sama intel rata2 bisa bung wawan, tapi memang ada juga yang ga mau, biasanya kalau kita buatnya dr yang sd-ram ke ddr. selain itu pengalman sy sih lancar2 aja. sy sih pnya image yg universal tp filenya tuh gede banget and kesulitan klo mau di upluad, sekitar 600Mb. Sy ksh 1 trik lg deh, coba buat master ghostnya pake mainboard berchipset n-vidia, tp jangan menginstall driver apapun dulu, lanjutkan dngn install aplikasi, stlh lengkap buat image ghostnya. kuncinya sebenarnya ada di driver IDE-nya, kl chispet yang lain windows pasti lsg PNP, tp kl Nvidia gak. silahkan di cek, sesudah install Xp kalo kita pake SIS,walaupun blm install driver pasti di dev manager sudah terinstall SIS IDE con, begitu jg dngn Via & Intel, tp kl pake Nvidia pasti di dev man-nya Standard IDE controller. Inilah yang aku jadiin landasan buat bikin image sampai sekarang & alhamdulillah blm prnah gagal, ingat jngan install driver apapun dl. selamat mencoba

    Komentar oleh srpkuncoro | April 26, 2009 | Balas

  5. Sy udh nyoba, prtma sih berhasil tapi yang kedua data di partisi D pd hilang. Mslahanya, sy meng cloning partisi c (file systemnya NTFS)ke D (FAT), ternyata partisi D nya berubah menjadi D (NTFS). Yang ingin saya tanyakan, bisa ga yang partisi D (NTFS) direstore ke FAT lagi. Soalnya datanya penting bagt.

    Komentar oleh Budi Yuliana Rahayu | Mei 11, 2009 | Balas

    • Wajar kalau hilang datanya mas. soal.ya kalau drive tujuan ghost pasti akan menjadi sama persis dengan drive source, kalaupun ada file2 lain pasti akan di overwrite begitu juga dengan system file-nya akan mengikuti system file source partisinya.
      Yang dimaksud itu bukan restore file system FAT-nya tapi file-nya yang hilang. kalau masih baru bisa mas, saya jamin asal caranya bener & partisinya jangan ditimpa2 dengan file lain dulu.Untuk merestore file yang hilang coba gunakan program EASY RECOVER atau program2 recover yang lain, kuncinya cara restore-nya harus bener.

      Komentar oleh srpkuncoro | Mei 11, 2009 | Balas

  6. salam kenal bos
    gw ada masalah nie
    laptop gw toshiba portege m200 CD rom externalnya rusak
    gimana dong cara instal xpnya
    thanxs

    Komentar oleh imam | Mei 23, 2009 | Balas

  7. salam kenal
    mas sigit, untuk saat saya sudah bisa membuat ghost dgn inisial file *.gho, menggunakan ghost.exe 2003, tetapi permasalahan saya file hasil ghos saya tidak bisa di gunakan untuk selain komputer dimana dia saya buat pertama kali,
    mohan bisa dibantu
    tanks..

    Komentar oleh anang | Mei 27, 2009 | Balas

    • Memaang begitu mas, Image Ghost yang dibuat di satu komputer hanya bisa berjalan di komputer tersebut atau komputer lain yang susunan jenis hardwarenya sama. Solusinya coba cari Image Ghost Universal, silahkan cari via google & donlot.Kalau yg Universal itu Image Ghost yang sdh diutak-atik sama pembuatnya supaya bs jalan di kompie apapun.

      Komentar oleh srpkuncoro | Mei 27, 2009 | Balas

  8. Saya sudah download windows xp tyni tapi gimana cara extractnya apakah ada software khusus atau di digimanain?…tolong doong…

    Komentar oleh Indra Yogaswara | Juni 16, 2009 | Balas

    • File TinyXP biasanya sudah berbentuk ISO, jd langsung aja burning ke CD dengan NERO atau Ultra ISO, pilih Opsi Burn Image To CD.

      Komentar oleh srpkuncoro | Juni 17, 2009 | Balas

  9. syukran jazakallah, semoga akhi mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak lagi…

    saya akan mencoba apa yang telah akhi jelaskan tentang ghost.exe…

    thanks….a lot..

    Komentar oleh qusay al-ibrah | Juni 18, 2009 | Balas

  10. Assalaamu`alaikum,
    salam kenal mas Sigit, saya mo ganti HD yang di dalamnya ada partisi recovery,bagaimana caranya untuk copy partisi recovery HD lama ke HD baru,supaya saya bisa setup windows lagi ke HD baru dari recovery copy an tersebut.
    atas bantuannya terimakasih.
    wassalaam.

    Komentar oleh M_Alif | Juli 1, 2009 | Balas

    • Pakai Ghost aja mas….. Pilih opsi disk to disk.

      Komentar oleh srpkuncoro | Juli 2, 2009 | Balas

  11. kirimin software goshtnya dunk ..plese .dah di download gak bisa bisa ???

    Komentar oleh VebryAldiano | Juli 28, 2009 | Balas

    • Itu formatnya sudah iso mas…langsung aja di burn trus buat nge-boot komputernya..(hati2 pas burn-nya jangan salah opsinya “burn image to disk”)

      Komentar oleh srpkuncoro | Agustus 4, 2009 | Balas

  12. mas saya pengen tanya,gimana caranya instal image hasil cloningan partisi “C” saya mengunakan hiren boot usb membuatnya, ya memang ada ghost nya juga. ya intinya saya udah buat cloningannya tapi bingung cara instalnya.
    kebetulan sistem C saya banyak sekali virus jd butuh instal ulang mengunakan image tadi.
    apa C mesti di format dulu terus masuk ke boot cd/fdd lalu instalin gt aja…
    mohon petunjuknya..ato kalo ada tutorialnya kirimin dong ke email tutorial butan mas juga boleh….thank..

    Komentar oleh handri | Oktober 1, 2009 | Balas

    • masuk ke ghost dr hiren CD trus pilih options ” PARTITION FROM IMAGE” trus browse file imagenya dan load…

      Komentar oleh srpkuncoro | Oktober 3, 2009 | Balas

  13. Ooo..jadi sulit ya mas..
    sebab di kompi saya sdh terinstal norton ghost V.11,saya ingin buat bootable yang bisa di CD kayak yang punyaan mas kuncoro di atas..kalo gak keberatan bisa kasih tutornya dong…

    Terima kasih

    Komentar oleh Prokimal | Oktober 13, 2009 | Balas

  14. cara biar ghost bisa di apke di semua komputer gimana caranya …

    Komentar oleh syafii | Oktober 17, 2009 | Balas

  15. mas, saya pake windows xp 2 (dah mumet ama virus)dan akan mengcloning biar egk repot nginstall trus. tapi ketika saya backup pake norton 14. muncul: “no recognizable NTFS file system found” mohon petunjuknya. apa ada langkah2 yg salah yg saya kerjakan. thanks…….

    Komentar oleh d4v1d | Oktober 29, 2009 | Balas

    • coba pake parameter -noide…jadi perintahnya ghost -noide
      itu untuk membaca file system ntfs dan mengabaikan IDE
      sem

      Komentar oleh srpkuncoro | Desember 19, 2009 | Balas

  16. mas, kalo komputer yg hardwarenya sama n terjaring LAN, bisa ngk kita cukup satu backup di server aja? dan ngk perlu repot2 ngerjainnya di masing2 kompter, dan cukup diservernya aja buat nge-restore. kalo bisa mintak tutornya dong! kalo mesti pake applikasi lain, mohon sharing info nya….trim’s

    Komentar oleh pagai | Desember 1, 2009 | Balas

    • Bisa aja mas restorasi image ghost via jaringan…coba gogling banyak kok tutorialnya….

      Komentar oleh srpkuncoro | Desember 19, 2009 | Balas

  17. mas say sdah cloning dengan sukses.tapi hasil cloning saya balikan ke komp tersebut kok tidak bisa berfungsi baik(error)
    exs: saya cloning pake ghost di komp A. hasil cloningan tersebut saya gunakan di komp B dan C bisa berjalan baik.tetapi setelah saya kembalikan ke komp A malah tidak normal(error),mohon bimbinganya yaaaa.makasihhhhhhhhhhh

    Komentar oleh susanto | Desember 16, 2009 | Balas

    • Coba hardisknya yang di kompie A di format dulu mas, kalau masih ga berhasil juga coba buat lg image ghost dari kompie b lalu buat restorasi kompi B. semoga bs membantu

      Komentar oleh srpkuncoro | Desember 19, 2009 | Balas

  18. boz uploadna jangan di ziddu ke lemot na seampun-ampun

    balez ya ke email w… thanks

    Komentar oleh uchiha | Januari 15, 2010 | Balas

  19. assalamua’laikum mass.,,
    wahhhhh tutorial n file ghost nya sangat membantu.,
    tp mas., saya masih ragu ni mas cara nge-ghost komputer tu mas.,,
    saya boleh request gk mas.,,
    bs gk mas buatin video tutorial buat ngegost tu mas.,,
    soalny kalo dari video tutorial tu lebih jelas informasi dan langkah-langkah yang ingin disampaikan.,,
    maklum mas., baru kali ni coba nge-ghost.,
    kalo bs dipostingin n saya minta dikirimi ke email alamat donlot ziddu nya ya mas.,,
    thankz ya mas.,,

    Komentar oleh miftah | Februari 7, 2010 | Balas

    • sorry mas…kl mo belajar jamgam tanggung2, jangan ragu2….kl salah tu ya resiko & bs jd pelajaran, kl ga mau susah & mau simple-nya aja ya nyarinya ga di blog ( di youtube aza,,,)
      btw nge-gost tuh under DOS so ga bisa di sreenshoot tampilannya kecuali pake kamera tersendiri & ane ga ada kameranya……mo minjemin po…wkwkwk

      Komentar oleh srpkuncoro | Februari 8, 2010 | Balas

  20. saya biasanya pake Ghost 2003 didalam windows dan tidak ada kendala, keamrin mencoba ghost 11 di dalam hirens, sudah buat image dan mau restore kok tidak ada tujuan tabel partisi ya maz? yang ada hanya disk dengan new size dan old size, ketika saya coba, partisi D di habisi sama ghost dan dijadikan menjadi satu partisi aja yaitu C. apakah new size kita isi dengan angka 0 ataugimana ya ?

    Komentar oleh highaparsa | April 28, 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: