Seng Iseng

Corat coret biar ga lupa

BACKUP DRIVER di WIN-XP

Seringkali penulis dihadapkan pada suatu masalah yang sangat menjengkelkan ketika harus/sesudah menginstall ulang Windows di tempat customer, masalah itu adalah kesulitan mendapatkan driver yang sesuai dengan hardware, itu disebabkan sang customer tidak menyimpan cd driver bawaan dari mainboard, atau bisa juga customer membeli computer dalam keadaan second dan tidak lagi dilengkapi cd driver, dan dongkolnya lagi tuh hardware yang ada di MOBO nggak umum seperti yang biasa dipakai dan setelah dicari2 dalam cd koleksi driver penulis ternyata nihil….ga ada yang cocok semua & walhasil sound pun ga mau bunyi, LAN ngga kedetect & dll lah….

Bahkan pernah sekali waktu customer ga mau tahu, pokoknya yang dia tahu komputernya harus berfungsi semua(penulis lupa type MOBO-nya, yang jelas ga lazim ada di pasaran), sampai sampai penulis harus surfing ke warnet (di kompie sih ada akses inetnya via LAN tapi LAN-nya ga fungsi krn blum terinstall driver) sampai jam 9 malem baru dapet tuh driver. Coba dongkol ngga???

Sekitar 2 tahun yang lalu penulis dapat solusi backup driver (dapet via mbah google jg, Thanks mbah…). Intinya sebelum install ulang/format HDD kita bisa backup dulu semua driver yang terinstall, dengan kata lain driver harus terinstall terlebih dahulu di system yang lama. Hasil backup bisa kita simpan semisal di flshdisk or partisi lain dr HDD, so setelah selesai re-install win-xp tinggal kita restore aja semua driver tsb via device manager yang diarahin ke tempat penyimpanan driver tadi.

Aplikasi yang bisa digunakan untuk Back-up driver banyak kok, baik yang free ataupun berbayar, salah satunya yang bernama MY DRIVER yang bisa di donload disini. Ukurannya juga ga besar cuma ± 1,8 Mb. Sedangkan untuk serialnumber/patch-nya disini

Tips :

  1. Download MY DRIVER lewat kompie yang sehat ( clean dr viruss or mallware lainnya)
  2. Akan lebih baik kalau installer hasil download di burning dulu ke c, so jalanin installer langsung dari cd untuk mencegah installer terinfect virus yang ada pada system lama yang otomatis akan menular juga ke system yang baru di reinstall, jd sia-sialah kita install ulang.
  3. Jika system sudah terjangkit virus, ada kemungkinan MY DRIVER ngga mau diinstall. Solusinya masuk dulu ke safe mode baru install.
  4. Gunakan aja fast scan dan backup semua driver yang tampul di layar, soalnya kalau kita pakai full scan maka driver yang sudah disupport oleh windows pun ikut ter-scan ( ga perlu backup driver2 yang sdh disupport/plu&play windows)
  5. Saat merestore sebaiknya secara manual via Device Manager, jd ga perlu install lagi MY DRIVER di system yang baru

Semoga trik ini berguna bagi rekan2 semua, dan kalau ingin tutorialnya secara lengkap tentang cara penggunaan MY DRIVER silahkan download disini (versi PDF)

April 11, 2009 - Posted by | Komputer, Umum | , , , , , , ,

6 Komentar »

  1. terima kasih banyak, dengan program my driver saya bisa membackup driver saya walaupun CD master nya kelupaan.

    Komentar oleh yuslant | April 25, 2009 | Balas

  2. […] itu ga masalah, kalau driver bawaan mainboard sdh ga ada kita bisa backup dulu dari OS lama pake MY DRIVER, atau bisa jg donlot dr internet (beli jg banyak di took […]

    Ping balik oleh Win-XP yang KHUSUS buat PC JADUL « TEKHNISI KOMPUTER PANGGILAN | Juni 28, 2009 | Balas

  3. mas, mana ni tutorial penggunaan my driver nya????
    lagi ke pengen banagt ni, soal nya laptop ane driver nya ada yang g cukup, mohon bantuan nya???

    Komentar oleh anak_baru | Juli 15, 2009 | Balas

    • pm aja ke YM ane deh…..soalna lg repot bikin website nih..belum sempet bikin tutorialnya. so langsung aja tanya di YM ntar ane jawab langsung.
      YM : srpkuncoro@rocketmail.com

      Komentar oleh srpkuncoro | Juli 20, 2009 | Balas

  4. cara penggunaan yang versi PDF gak ada linknya . dan sy sdh donlot warna biru ” My Driver ” 1.8 Mb kedetect virus ma NOD tlg utk tutor lengkapnya yang PDF tuh ya mas😀

    Komentar oleh wawan | Agustus 5, 2009 | Balas

  5. mas.kalo koneksi internetnya disediain gk?…support plugin play ama semua flasdisk?

    Komentar oleh orang awam | Oktober 11, 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: