Seng Iseng

Corat coret biar ga lupa

BARCODE READER menggunakan WebCam

 

 
Awalnya gara2 iseng bikin sofware kasir berbasis PHP buat dipake sendiri. Software dah jadi & testing2 kok ngerasa ribet pas masukin data2 produk, musti ngetikin atu2 kode barang bgt jg pas mau ngaksesnya. kepikiran kl pake barcode reader pasti enak nih, tinggal scan & masukin harga2 😀 .. Tp sayangnya ga punya tuh alat & mau beli ga ada yg jual di deket2 rumah (padahal mah sayang duitnya hehe..)
Sambil ngelamun ga sengaja liatin webcam, Mulailah muter otak gmn caranya nih webcam bisa jd scanner barcode. Setelah browsing sana sini nemuin zbar – software opensource untuk baca barcode dari berbagai sumber sprti video, image & dahsyatnya bs streaming video via webcam.

Tulisan ini sekedar dokmentasi buat sy sendiri biar ga lupa siapa tahu suatu saat butuh lagi & tidak menutup kemungkinan bisa membantu netter lain yg membutuhkan.

Langkah pertama download dulu software ZBar disini
Instal di C:

 

–lanjutin besok , ada tamu 😀 —

 

 

Februari 7, 2015 Posted by | Komputer, PHP MySQL | Tinggalkan komentar